Sabtu, 06 Agustus 2016

Deviden Saham

Apa itu deviden saham.? Deviden adalah bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham yang berhak menerimanya yang diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).  Deviden tidak sama dengan laba perusahaan.
 
Misal, Total Bangun Persada Tbk.(TOTL) membukukan laba per saham Rp 56,13 / lembar pada tahun 2015. Hasil RUPS memutuskan untuk membayar deviden kepada pemegang saham sebesar Rp 40 / lembar. Rp 40 / lembar inilah yang disebut deviden.
 
Apakah setiap perusahaan yang membukukan keuntungan / laba selalu membagikan deviden.? jawabanya tidak selalu. Bisa saja tidak membagikan deviden kepada pemegang sahamnya. Pembagian deviden dan besarnya deviden yang akan dibagikan diputuskan dalam RUPS.
 
Ketika perusahaan / emiten mengumumkan akan melakukan pembayaran deviden kepada pemegang sahamnya selalu akan menyertakan Cum deviden dan Ex Deviden. Apa itu cum deviden.? dan apa itu Ex Deviden.?
 
Cum deviden adalah tanggal terakhir dimana pemegang saham tersebut berhak atas deviden.
 
Ex Deviden adalah satu hari setelah tanggal Cum deviden dimana pemegang saham tersebut tidak memiliki hak atas deviden.
 
Contoh, 1 April 2016 Total Bangun Persada Tbk (TOTL) mengumumkan akan membagikan deviden untuk tahun buku 2015 sebesar Rp 40 / lembar kepada pemegang sahamnya dengan Cum Deviden 15 April 2016 dan Ex deviden 16 April 2016 dengan Pay date deviden 1 Mei 2016. Ini artinya setiap orang / Institusi yang memegang saham TOTL sampai dengan 15 April 2016 berhak mendapatkan deviden Rp 40/Lembar yang akan dibayarkan tanggal 1 Mei 2016.  Sementara setiap orang atau Institusi yang memegang saham tanggal 16 April 2016 tidak berhak atas deviden yang akan dibayarkan tanggal 1 Mei 2016.
 
Jadi dari contoh diatas meskipun kita baru membeli saham TOTL tanggal 15 april 2016, maka kita berhak atas deviden tersebut. Baca: Istilah Earning Per Share (EPS) atau Laba Per Saham

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar